Selasa, 17 Januari 2017

Pak Marpu, 42 Tahun Berjualan Putu


Penjual Kue Putu
Kapuas (17/1/17)
Sore itu cuaca cukup sejuk, anak-anak bermain dengan ceria. Lamat-lamat, dikejauhan terdengar suara peluit. Si bungsu segera menghampiriku. "Ayaah, ayaaaah, beli kuwe....beli kuwe...!" sahutnya setengah berteriak.
"Kue apa nak?" tanyaku.. "Tu....tu..." serunya sembari menunjuk penjual putu yang mulai nampak di ujung jalan. Aku pun memanggil penjual putu yang sudah sangat berumur itu.
Sembari menanti si bapak menyelesaikan pekerjaannya, aku mengajak beliau bercakap-cakap.
Beliau memperkenalkan dirinya sebagai Pak Marpu, asal Brebes, Jawa Tengah. Menurut pengakuannya, usia beliau sekarang sudah 78 tahun. Aku hanya melongo mendengar uraian beliau. Usia sudah setua itu, tetap saja beliau menjalani profesinya dengan senang hati.
"Sudah berapa lama pak jualannya?" tanyaku.
"Sudah sejak tahun 1975 mas." jawab beliau membuatku terkejut. Berarti beliau sudah 42 tahun melakukan aktivitasnya berjualan kue putu.
"Hasil jualannya cukup kah pak untuk membiayai keluarga?"
"Yaa alhamdulillah, dicukup-cukupkan lah mas." jawab beliau sambil tersenyum
"Putra-putri bapak berapa jumlahnya?"
"Anak saya semuanya 7 orang mas. Sekarang cucu saya sudah ada 6 orang." jawab beliau sembari memasukkan bahan putu ke dalam potongan bambu yang segera diletakkan beliau di cerobong uap.
Dalam hati aku berdecak kagum melihat ketangguhan Pak Marpu yang sudah 42 tahun bertahan dengan profesinya sebagai penjual kue putu.
Semoga Allah swt meridhoi segala amal sholih beliau dan menjadikan dagangan beliau selalu berkah dan laris. Amiin yaa rabbal aalaamiin.

Popular

Recent

Comments